Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta
didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta
didik. Media pembelajaran merupakan
salah satu bagian dari sistem interaksional yang menduduki posisi dan peran
penting baik bagi guru maupun bagi siswa. Mengingat pentingnya keberadaan media
pembelajaran tersebut maka yang harus di lakukan bagi para pelaksana pendidikan
di SD adalah memiliki kemampuan memilih dan mengunakan media pembelajaran di
SD. Dengan kemampuan memilih dan membuat media tentunya akan meningkatkan
kinerja dalam merancang pembelajaran di SD.
Kemampuan guru dalam memilih media
sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai merupakan pertimbangan penting dalam
proses pembelajaran. Pemilihan media yang kurang tepat akan dapat memberi kekaburan informasi.
Pemilihan media pembelajaran
perlu di lakukan secara lebih cermat dan tepat sasaran. Pemilihan media disesuaikan
dengan ketersediaan sumber belajar dan aspek lain yang berkaitan dengan tingkat
kemampuan siswa, dan kemampuan guru yang menggunakannya. Prosedur yang harus
dilakukan oleh guru dalam memilih media pembelajaran yang cocok untuk siswa yaitu memilih
media sesuai dengan indikator atau tujuan pembelajaran. Dengan pemilihan
media pembelajaran secara cermat dan tepat sasaran akan menjadikan kualitas
hasil belajar menjadi lebih maksimal.
Setelah pemilihan media
pembelajaran selesai dilakukan maka yang harus dipersiapan berikutnya yaitu
tentang penggunaannya. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar
mengajar di SD merupakan suatu hal yang sangat penting dalam rangka mencapai
tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Adapun yang menjadi landasan
dalam pengunaan media pembelajaran di SD adalah filosofis, edukatif,
pesikologis, karakteristik seni rupa. Pertama secara
filosofi penggunaan media secangih apapun tentunya tidak akan menghilangkan
peran interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Kedua secara
edukatif media yang dikembangkan hendaknya bisa digunakan untuk mendidik siswa
sesuai kompetensi yang dikembangkan. Ketiga landasan pesikologis yang dimaksudkan adalah perkembangan pikir, rasa,
dan emosional yang berkaitan dengan perkembangan siswa SD dari kongrit ke
abstrak. Keempat karakteristik
dan keragaman materi pembelajaran di setiap kelas SD memperlihatkan adanya
tingkat kesukaran yang berbeda.
Dari paparan beberapa hal di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran di SD sangatlah penting, karena media
pembelajaran merupakan salah satu dari komponen integral dalam sistem pembelajaran.
Tanpa media pembelajaran proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan
maksimal. Selain itu setiap sumber pesan memerlukan saluran media agar dapat
dengan mudah diterima dan dipahami oleh siapa saja yang menerima pesan tersebut.
Posisi sumber dan media
pembelajaran sebagai wahana penyalur pesan atau informasi belajar untuk
mengkondisikan seseorang belajar. Posisi akan dapat membantu menggantikan
sebagian dari peran atau kedudukan guru, sebagai alat bantu mengajar guru dan
sumber belajar bagi siswa.
0 komentar:
Posting Komentar