Rabu, 02 November 2016

LANGKAH PEMBELAJARAN TERINTEGRASI TIK

1. IDENTITAS PEMBELAJARAN
   
      Kelas/Semester   : V/2
      Tema/Subtema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
      Subtema                         : Cara Hidup Manusia, Hewan dan Tumbuhan
      Pembelajaran ke :  2
      Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
 

2. TOPIK PEMBELAJARAN
     Sistem Pernafasan pada Manusia


3. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa mampu :
    a) Mengidentifikasi alat pernafasan pada manusia
    b) Menjelaskan proses pernafasan pada manusia
    c) Menjelaskan fungsi alat pernafasan pada manusia


4. KEGIATAN AWAL ( 15 Menit )
  • Guru memberikan salam
  • Guru meminta salah satu siswa memimpin do'a
  • Guru melakukan presensi kehadiran siswa
  • Guru melakukan apesepsi dengan bertanya melalui kegiatan tanya jawab tentang bagian-bagian alat pernafasan pada manusia. Kemudian guru menghubungkan dengan pembelajaran hari ini
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai


5. KEGIATAN INTI (150 Menit)
  •  Siwa mengamati alat peraga yang disediakan oleh guru
  •  Siswa secara berkelompok mengidentifikasi alat-alat pada pernafasan manusia  
  • Setiap kelompok menuliskan laporannya dengan menggunakan media presentasi berupa Microsoft PowerPoint
  •  Setiap kelompok mengumpulkan hasilnya via e-mail kepada guru dan siswa lain  
  • Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas dengan menggunakan media presentasi (Ms.PowerPoint)
  • Siswa lain mendengarkan presentasi lalu memberikan taggapan berupa komentar atau saran
  • Siswa menonton video pembelajaran mengenai proses pernapasan pada manusia  
  • Siswa mengidentifikasi fungsi alat pernafasan manusia kemudian menuliskan hasilnya pada Ms.Word
  • Secara individu, siswa mempublish hasil pekerjaannya di blog kelas yang telah disediakan sebelumnya
  • Siswa lain memberikan komentar atas hasil pekerjaan temannya melalui form komentar yang ada di dalam blog

6. KEGIATAN PENUTUP ( 10 Menit)
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
  • Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipahami siswa
  • Guru memberikan pengayaan bagi siswa yang nilainya telah memenuhi dan remedial bagi siswa yang belum memenuhi 
  • Guru mengakhiri pembelajaran dengan meminta salah satu siswa untuk memimin do'a

7. LAMPIRAN 



Alat Peraga berupa Gambar Anatomi Sistem Pernafasan




  
Video Pembelajaran Sitem Pernafasan pada Manusia

1 komentar:

  1. Gambling, betting, casino, games - DrmCD
    Gambling, betting, casino, games, casino, games. · Casino 서산 출장안마 games 경산 출장마사지 · 나주 출장샵 Casino games 구리 출장샵 · Casino games · Casino games · Casino 오산 출장마사지 games · Casino games · Casino games

    BalasHapus

 

MEDIAKU Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates